Operasional Ketahanan Berbasis Kelompok Kampung KB Desa Tlogodowo

Operasional Ketahanan Berbasis Kelompok Kampung KB Desa Tlogodowo

Wonosalam, 29 September 2020 bertempat di rumah salah satu warga desa Tlogodowo dilaksanakan kegiatan Operasional ketahanan berbasis kelompok kampung KB dengan kegiatan pelatihan pembuatan susu kedelai.
Kegiatan ini dihadiri oleh ibu ibu kader, dan juga PKK desa tlogodowo. Sebagai narasumber pelatihan pembuatan Susu Kedelai adalah Ketua TP PKK Desa Tlogodowo. Pembuatan susu kedelai diharapkan mampu membuat para kader untuk berkreasi dengan bahan kedelai yang dapat terjangkau. Selain itu juga, kader juga bisa membuat susu kedelai sebagai PMT saat kegiatan posyandu.
Praktek pembuatan dilaksanakan secara jelas, mulai dari perendaman, sampai dengan memasak sari kedelai. Peserta yang hadir juga sangat antusias dengan pelatihan ini. Dan mulai tertarik untuk menjadikannya tambahan usaha rumah tangga.

Pada kesempatan kali ini, terdapat tambahan pelatihan untuk para peserta yang datang, yaitu pelatihan membuat kostum/head piece kostum karnaval. Sebagai narasumber adalah Ahyar, warga desa Tlogodowo yang sudah menekuni pembuatan kostum selama beberapa tahun.
Pembuatan headpiece (hiasan kepala) ini dibuat dengan bahan baku yang sederhana, murah, dan mudah didapat. Namun tetap menghasilkan hasil yang memuaskan.
Dijelaskan oleh narasumber alat alat yang digunakan, bahan baku, dan langsung mempraktekan pembuatan hiasan kepala.
Diharapkan dengan adanya pelatihan ini selain untuk menggali potensi para warga dalam berkreasi dan berwira usaha, juga untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Kampung KB agar lebih dikenal oleh masyarakatnya sendiri dan orang lain.

P

Bpkb Kec. Wonosalam