May 28

PENYUSUNAN GRAND DESIGN BUMDESA

Dalam rangka penyusunan Grand Design Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) , Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah bersama Dinpermades P2KB Kabupaten Demak dan Universitas kristen satyawacana telah melaksanakan identifikasi pada 5(lima) BUMDesa di Kabupaten Demak  pada tanggal 16 – 17 Mei 2019.

Identifikasi tersebut meliputi kelembagaan, bentuk legalitas, kepemilikan, jenis/unit usaha, sumberdaya manusia, manajemen operasional, laporan keuangan, tingkat kesehatan dan potensi yang dimiliki masing – masing bumdesa.

Salah satu BUMDesa yang dilakukan identifikasi adalah BUMDesa “ Suka Maju” Desa Dukun Kecamatan Karangtengah yang mempunyai unit usaha pengolahan kain limbah pabrik yang menjadi bantal, boneka, dan lain – lain. Menurut Kepala Desa Dukun H. Sukono bahwa BUMDesa Suka Maju pada tahun 2018 telah mampu meberikan kontribusi kepada pendapatan asli desa sebesar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Selain kontribusi berupa PADesa tersebut, BUMDesa Suka Maju juga telah berkontribusi berupa penyediaan lapangan pekerja bagi warga desa dukun sebanyak 22 orang.

(Bidang Ekonomi Masyarakat)

Leave a Reply

Your email address will not be published.