Jul 10

DINPERMADES P2KB Kabupaten Demak Gelar Sosialisasi Aplikasi SIGA

Spread the love

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinpermades P2KB ) Kabupaten Demak, menggelar sosialisasi pengelolaan Sistem Informasi Keluarga (SIGA). Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, diikuti oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Penyuluh Keluarga Berencana 14 Balai Penyuluhan KB Se Kabupaten Demak sebanyak 60 orang  ,  Rabu (10 Juli 2019) di Reinz Café Resto Bintoro Asri Jogoloyo Wonosalam Demak.

Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak Drs. Daryanto, MM mengemukakan, pengelolaan data keluarga dapat menggunakan aplikasi SIGA. Ini merupakan kewajiban pemerintah pusat dan pemerintah provinsi serta kabupaten/kota dalam mengumpulkan, mengolah data serta informasi program kependudukan dan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.“Jadi kami sudah terapkan aplikasi SIGA dan itu sangat baik untuk mendata keluarga,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan kegiatan ini untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi SIGA dalam pengelolaan data statistik rutin, berupa pelayanan KB dan pengendalian lapangan. “Dimana untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan peserta dalam pengelolaan data statistik serta penggunaan aplikasi manajemen wilayah dan user pada aplikasi SIGA ,” tandasnya.

Sementara itu, Heri Sriyono , S.Kom, M.Si staf Bidang Data dan Informasi BKKBN Provinsi Jawa Tengah , yang juga selaku narasumber dalam kegiatan ini mengatakan, dengan sosialisasi ini akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang mekanisme pelaksanaan dan monev uji coba SIGA.

Dalam sosialisasi, dirinya menyampaikan materi Kebijakan dan Strategi Penguatan Data dan Informasi Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga melalui Sistem Informasi Keluarga.

Kepala Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga Bidang Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan Drs. Adi Susanto, MH selaku panitia pelakasana melaporkan bahwa di Demak ada satu kecamatan yang akan dilakukan uji coba SIGA yaitu kecamatan Guntur, sehingga dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kecamatan Guntur sebagai acuan dengan kecamatan lain. ( Tim Adv & Advokasi P2PP ).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.