Aug 22

Orientasi CPNS bersama IPeKB Cabang Demak

Spread the love

Pada tanggal 21 Agustus 2019 tepatnya pukul 10.00 WIB diadakan kegiatan Orientasi CPNS bersama IPeKB Cabang Demak di ruang Meeting Kepala Dinpermades P2KB Kab Demak. Kegiatan ini diikuti oleh 7 orang CPNS PLKB yang ditempatkan di wilayah kabupaten Demak dan diisi materi oleh Perwakilan IPeKB Cabang Demak yaitu Ketua Umum Virdian Tri S, S.Psi dan Ketua II Richi Eka Yanti, SKM, M.Kes. Orientasi ini diadakan bertujuan agar nantinya CPNS yang baru siap menghadapi tantangan ke depan yang ada dilapangan terutama ketika sudah diterjunkan ke masing-masing kecamatan di wilayah demak agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien dalam menggerakan program KKBPK.
Materi I oleh Virdian Tri S, S.Psi, menyampaikan bahwa CPNS harus kembali ke dasar yaitu melaksanakan 10 langkah PLKB/PKB sebagai pedoman untuk menjalankan program KKBPK dilapangan dan juga untuk mempelajari hal-hal baru didalam program KKBPK, CPNS harus “mengosongkan dulu cangkirnya” yaitu agar pengetahuan yang akan diterima kelak benar-benar terserap dengan baik dan harus banyak mendengar terlebih dahulu agar bisa mengetahui permasalahan yang dihadapi program KKBPK dimasyarakat.
Materi II oleh Richi Eka Yanti SKM, M.Kes, menyampaiakan tentang aplikasi dan pelaporan yang ada di BKKBN, yaitu sejarah perkembangan aplikasi SIGA dan K0 yang tadinya diisi secara manual sampai dengan yang harus di upload dan diupdate di aplikasi web BKKBN. Selain aplikasi SIGA, BKKBN juga mempunyai aplikasi Statistik Rutin berdasarkan laporan dari tingkat kecamatan secara rutin tiap bulannya. dan tidak lupa aplikasi atau Web Kampung KB yang merupakan unggulan dari BKKBN yaitu mengenai perkembangan dari Kampung KB yang sudah dicanangkan dan intervensi yang sudah dilakukan oleh Desa, BPKB, Kecamatan dan Linsek, tidak lupa pula ada RKM yang harus dipersiapkan dari awal.
Penyampaian Materi oleh Perwakilan IPeKB Cabang Demak diharapkan dapat lebih memotivasi dan mempersiapkan CPNS dalam menghadapi tantangan program KKBPK di Demak.

Penulis
IPeKB Cabang Demak

Leave a Reply

Your email address will not be published.