Aug 29

Ketahanan & Kesejahteraan Keluarga Tujuan Masa Depan Keluarga

Spread the love

Masih banyaknya hambatan dalam pelaksanaan tugas Penyuluh KB, menjadi bagian dari materi Manajemen Operasional Program KKBPK yang disampaikan oleh Kepala Bidang KB-KR Chandra Wijanarko, pada Kamis 29 Agustus 2019. Bertempat di Aula Dinpermades P2KB Kab.Demak, Chandra mengakui luasnya cakupan tugas dari seorang Penyuluh KB seringkali membuatnya justru tidak fokus. Dimana tugas tersebut mencakup keadaan sepanjang siklus kehidupan manusia, yang terkait dengan program pembangunan keluarga. Kondisi ini juga diperparah dengan rasio yang tak sebanding antara jumlah tenaga penyuluh dan jumlah wilayah desa binaan. Pun banyaknya dokumen serta laporan yang harus dibuat.

Dengan segala kondisi yang belum ideal tersebut, Chandra pun menekankan mengenai pentingnya fungsi manajemen dalam kerja penyuluh KB. Dimana seorang penyuluh KB sejatinya dituntut menjadi sosok yang handal, memiliki kecerdasan spiritual dan emosional dalam bekerja.
Lebih lanjut, para PLKB CPNS

Lebih lanjut, para PLKB CPNS juga diingatkan mengenai target sasaran program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) saat ini yang mengarah pada usia remaja. Hal ini dikarenakan kasus kehamilan remaja disebut menjadi penyumbang terbesar dari kematian ibu, bayi dan balita. Karenanya BKKBN pun sangat serius dalam penggerakan para Duta Generasi Terencana (Genre), guna membantu mengintervensi program KKBPK di kalangan remaja.

(Penulis: Indri Astuti/ PLKB CPNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.