Sep 29

Monitoring Program Inovasi Desa (PID) Di Kabupaten Demak

Spread the love
Camat Mijen Iskandar menerima Tim Monev Bursa Inovasi desa Tingkat Kabupaten Demak di Kecamatan Mijen

Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu Program dari Kementerian Desa dan PDTT yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa. Program ini menitikberatkan pada bidang infrastruktur desa, Peningkatan Sumber Daya Manusia dan juga Pengembangan Ekonomi Lokal.

Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Demak yang merupakan salam satu kegiatan dalam Program Inovasi Desa dilaksanakan pada 14 kecamatan di Kabupaten Demak pada Bulan Juli 2019. Dalam acara Bursa Inovasi Desa, Kepala desa mengumpulkan kartu komitmen dan kartu ide yang merujuk pada bidang – bidang yang ada pada Program Inovasi Desa. Selain itu, dari kegiatan ini juga dapat menjaring inovasi ide yang ada di desa.

Kabid Ekonomi Kawasan dan TTG Dinpermades P2KB Kab demak Fadholi sedang melakuakn tanya jawab dengan TPID Kecamatan

Dalam rangka tertib administrasi pelaksanaan Program Inovasi Desa, Dipermades P2KB bersama Tenaga Ahli P3MD melaksanakan monitoring serta pembinaan terhadap TPID. Monitoring pasca pelaksanaan BID diadakan pada 14 Kecamatan di Kabupaten Demak. Monitoring ini menitikberatkan pada beberapa aspek, seperti pengawalan kartu komitmen sampai dengan dianggarkan di RKPDes, pertanggungjawaban dan pelaporan pelaksanaan Program Inovasi Desa di Kabupaten Demak. Tolak ukur keberhasilan pelaksanaan PID yaitu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, Kabupaten Demak menggalakkan Demak bebas stunting 2021 sehingga diharapkan melalui program ini, dapat mengurangi jumlah stunting yang ada di Kabupaten Demak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.