Oct 01

HPK 1000 di Sambiroto

Spread the love

Gajah, 30 September 2019, Kegiatan Pertemuan Refresh Pengasuhan 1.000 HPK bagi ibu dan keluarga di Desa Sambiroto dan dihadiri oleh Kasi Pembinaan Kesertaan berKB DINPERMADES P2KB Kabupaten Demak, Teguh Basuki, S.Sos, MM,
Koordinator Balai Penyuluhan KB Kecamatan Gajah, Drs Supriyanto, PLKB Kec. Gajah, Kepala Desa Sambiroto Agus Sukamto, Bidan Desa, Ibu Hamil.
Dalam kegiatan ini Drs. Supriyanto menyampaikan bahwa 1.000 HPK dimulai sejak janin berada dalam kandungan 270 hari hingga anak berusia 2 tahun (730 hari), 1.000 HPK merupakan masa terpenting dalam kehidupan, karena terjadi pertumbuhan anak dengan sempurna. Pada 1000 HPK orangtua memiliki peluang yang sangat besar dan penting dalam memberikan pengasuhan dan perawatan. Kita sebagai orangtua harus mengetahui bahwa anak yang sehat merupakan anak yang berat badannya naik, bertambah tinggi, kemampuannya sesuai umur, menjaga kebersihan, mengajarkan anak menaati aturan dan kemandirian. Orangtua menjadi contoh teladan dalam berbicara dan perilaku.
Teguh Basuki, S.Sos, M.M. menyampaikan bahwa menjadi orangtua yang hebat dalam mengasuh anak harus membangun sebuah keluarga yang di rencanakan yaitu merancanakan usia pernikahan (20-30 tahun), membina hubungan antar pasangan dengan keluarga lain, merencanakan kelahiran anak pertama untuk persiapan menjadi orangtua, dan mengatur jarak kelahiran. selain itu orangtua perlu menerapkan kedisiplinan dalam membentuk tingkah laku positif dan hukum agama. Sebagai orangtua diharapkan dapat menjadi orangtua hebat, cerdas, dan bijaksana supaya menjadi anak generasi emas indonesia.

Oleh : Muflikha Wahyuningsih, S.Pd. PLKB Non PNS Kec. Gajah

Leave a Reply

Your email address will not be published.