Oct 15

Rumah Data Sebagai Rujukan di Kampung KB Desa Waru Kec.Mranggen

Spread the love

Selasa, 15 Oktober 2019 bertempat di rumah Kepala Desa Waru diadakan Pertemuan Pokja Kampung KB Kalimas, Desa Waru, Kec.Mranggen. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Waru, Arifin. Acara ini dihadiri perwakilan dari Seksi Permas Kec.Mranggen, KUA Kec.Mranggen, Bidan Koordinator Puskesmas Mranggen 2, Babinsa, Babinkamtibmas, serta pokja kampung KB Desa Waru. Susilowati, DTH mewakili Kasie Permas Kec.Mranggen, menyampaikan pemanfaatan anggaran dana desa yang ada agar dapat digunakan secara proporsional dan dikelola dengan baik untuk pendanaan kegiatan-kegiatan di kampung KB dan produk-produk unggulan Desa Waru yang diproduksi oleh UPPKS dapat ditingkatkan sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas.
Pada acara ini dilakukan sosialisasi mengenai rumah data dan aplikasi

online website kampung KB. Koordinator Balai Penyuluh Kec.Mranggen, Virdian Tri, S, S.Psi menyampaikan tujuan dibentuknya rumah data yaitu untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dan mitra kerja dalam pengelolaan data kependudukan level mikro di Kampung KB, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi, penguatan modal sosial, wahana belajar, berinteraksi masyarakat melalui media data. Selain itu peserta yang hadir juga dikenalkan dengan website kampung KB oleh Heryani Yunita Dewi, SKM, PKB Kec.Mranggen. Setiap kegiatan yang dilakukan di kampung KB menurut Heryani agar dapat diupdate di web, sehingga perkembangan keberhasilan kampung KB dapat dilihat dengan mudah oleh khalayak luas, siapapun, dimanapun dan kapanpun. Update web Kampung KB juga bisa dilakukan oleh Pokja Kampung KB sehingga setiap kegiatan bisa dengan cepat terpublikasi secara real time.


Kegiatan ini juga dihadiri Kasie Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga Dinpermades P2KB, Drs. Adi Susanto, MH serta Kasie Penyuluhan dan Pendayagunaan PLKB, Drs. R Krisnaidi.
Drs. Adi Susanto MH, menyampaikan bahwa setelah pencanangan, kampung KB dirahapkan dapat terus berjalan, untuk anggaran bisa dengan menggunakan dana desa atau swadaya masyarakat karena Kampung KB sendiri merupan wahana pemberdayaan masyarakat. Selain itu hal yang ditekankan mengenai pembentukan rumah data yang harus segera direalisasikan dan pokja kampung KB yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam update web kampung KB terutama untuk intervensi kegiatan pokja-pokja yang ada sesuai 8 fungsi keluarga.
Pentingnya rumah data dikarenakan profil kampung KB dapat terlihat dari rumah data, seperti jumlah penduduk berdasarkan kelompok umur, jumlah PUS yang ber-KB maupun tidak, sehingga bermanfaat sebagai dasar pertimbangan untuk dapat melakukan kegiatan intervensi pada kelompok masyarakat secara tepat guna dan tepat sasaran.

BPKB Kec. Mranggen

Leave a Reply

Your email address will not be published.