Evaluasi Program Banggakencana melalui Kegiatan Pertemuan Penyuluhan KB Tingkat Kecamatan Bonang

Selasa, 15 September 2020 tim BPKB Bonang memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pertemuan penyuluhan KB tingkat kecamatan sekaligus sebagai media evaluasi program Banggakencana tingkat kecamatan. Kegiatan ini diikuti oleh PPKBD kecamatan Bonang yang dianggap berperan paling aktif dalam berkontribusi mengirim calon akseptor di pelayanan KB dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia. Dalam pertemuan ini dihadiri oleh Sukardjo, S.KM, M.Kes sebagai narasumber utama dan juga dihadiri khusus oleh kepala Dinpermades P2KB, Drs. Daryanto, MM dan sekretaris Dinpermades P2KB, Supriyatiningsih beserta kasubag program.

Pertemuan ini diawali dengan paparan evaluasi program Banggakencana kec. Bonang yang disampaikan oleh perwakilan tim PKB/PLKB dimana PPKBD dari 21 desa telah rutin membuat laporan bulanan dengan laporan periode Agustus 2020 mencapai 120 akseptor baru dari 132 persalinan. Selain itu juga disampaikan capaian akseptor KB MKJP dalam rangka Hari Kontrasepsi Dunia per 15 September 2020 sebesar 10 akseptor IUD dari target 14 akseptor dan sebesar 41 akseptor implant dari target 27 akseptor. Angka capaian tersebut akan mengalami penambahan seiring pelayanan KB MKJP yang akan dilaksanakan di Klinik Rifda pada tanggal 17 September 2020 mendatang.

Kemudian kegiatan dilanjutan oleh pemaparan dari Sukardjo, S.KM, M.Kes yang menyampaikan terkait 3 kebijakan program Banggakencana di masa Adapatasi Kebiasaan Baru diantaranya PKB sepenuhnya digerakkan dalam membantu pelayanan KB termasuk pendistribusian alokon, pendistribusian alokon kepada faskes swasta dan pencatatannya, perubahan menu belanja DAK untuk menggerakan pelayanan. Beliau juga memotivasi PPKBD dan PKB/PLKB Bonang untuk merencanakan pelayanan di faskes sesuai target/sasaran, melanjutkan kegiatan promosi dan KIE melalui medsos, meningkatkan koordinasi target/sasaran dengan PPKBD/Sub PPKBD, pencatatan dan pelaporan yang tertib, dan pemutakhiran data.

Di pertemuan kali ini terasa istimewa dengan hadirnya bapak kepala Dinpermades P2KB Kab. Demak, Drs. Daryanto, MM yang memberikan motivasi dan semangat kepada peserta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M + 1 selama melaksanakan tugas di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), mendorong PPKBD untuk berperan aktif dan berkontribusi dalam mensukseskan pelayanan KB MKJP dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia dan mengajak untuk memanfaatkan aplikasi SiLili sebagai media KIE program Banggakencana.

Di sesi terakhir pertemuan ditutup dengan penyerahan secara simbolis bahan batik kencana oleh kepala dinas dan sekretaris dinas kepada ketua umum dan sekretaris paguyuban PPKBD Ngudi Lestari Bonang.

Tim BPKB Bonang